Tingkatkan Kompetiisi Literasi Anak-Anak Hingga Mahasiswa, FISIP UHO Gelar Event Keren Ini

FISIPEDIAUHO.COM, KENDARI – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO, Program studi perpustakaan dan ilmu informasi menyelenggarakan pekan literasi 2018 dengan mengangkat teman Literasi Digital Generasi Millenial, kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi literasi dikalangan anak-anak tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa.

Ketua Prodi perpustakaan dan ilmu informasi, Asrul Jaya mengungkapkan Pekan Literasi 2018 tidak hanya menyasar pada target dimahasiswa saja tetapi lebih luas lagi, bahkan hingga siswa Sekolah Dasar sekalipun.

“Kami mengadakan banyak kegiatan terkait literasi yang bisa dijangkau oleh anak SD hingga yang sudah kuliah, jadi bisa menjangkau semua kalangan. Kompetensi literasi orang indonesia sangat rendah. Jadi butuh stimulus agar literasi digiatkan.” ungkap Asrul Jaya melalui siaran pers, Minggu (15/4/2018).

Ia melanjutkan, akan ada banyak kegiatan selama rangkaian acara pekan literasi 2018, yang dimulai sejak 14 April hingga 18 April mendatang. Akan ada lomba fotografi, lomba puisi dan bedah puisi rachel amanda, lomba mewarnai, diskusi film, pameran buku, penampilan musik akustik, bazar, hingga acara puncaknya adalah seminar nasional bersama artis sekaligus penggiat literasi dari kalangan millenial, rachel amanda.

“Sedangkan untuk tempat kegiatan berlangsung dibeberapa titik tempat di kampus UHO, mulai dari aula Fisip, perpustakaan Fisip, perpustakaan UHO hingga auditorium mokodompit,” kata dia.

Sementara itu, penanggungjawab kegiatan yang juga merupakan dosen promosi perpustakaan, Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, mengungkapkan pekan literasi 2018 ini mengangkat tema Literasi Digital Generasi Millenial. Tema tersebut dipilih untuk menyesuaikan  dengan fenomena yang tengah terjadi saat ini, agar bisa membahas lebih mendalam tentang bagaimana menghadapi tantangan di era yang sudah serba digital dan online.

“Kami mengkampanyekan agar orang indonesia khususnya millenial dikendari bisa akrab dengan kegiatan literasi, mau datang ke perpustakan dan mau membaca. Kampanye kami adalah #AYOKEPERPUSTAKAAN,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak Sabtu 14 April kemarin, dengan rangkaian kegiatansepertilomba mewarnai yang diikuti oleh 17 anak dari berbagai SD dikendari dan lomba puisi yang diikuti tidak kurang dari 30 peserta.  Khusus juara puisi akan tampil membacakan puisi bersama Rachel Amanda di acara puncak pada 17 April nanti.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *