Foto “Senyum Pesisir Negeri” Ini Bawa Mahasiswa Jurnalistik Raih Juara I di UIN Jakarta

FISIPEDIAUHO.COM, KENDARI – Satu lagi prestasi yang berhasil diu torehkan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univcersitas Halu Oleo (UHO), Kendari. Kali ini, prestasi itu didapatkan dari bidang fotografi.
Mahasiswa itu ialah Andry Denisah, Mahasiswa semester akhir jurusan Jurnalistik FISIP UHO. Melalui foto yang diberi judul “Senyum Pesisir Negeri” itu, ia berhasil meraih juara 1 pada ajang lomba foto nasional bertajuk Jurnalistik Fair 2018, yang berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta beberapa waktu lalu.
“Kalau perasaan pertama saya tidak menyangka bisa menang, karena kita tau ini lomba skala nasional, pasti pesertanya berasal dari seluruh Indonesia. Tapi alhamdulillah bisa menang. Bangga juga karena bisa mengharumkan nama UHO dan jurusan Jurnalistik di tingkat nasional,” ungkap Andry, Jumat (26/10/2018).
Pada foto yang diambil di Desa Sama Jaya, dengan objek dua anak perempuan dengan senyum menawan yang menggambarkan wajah pesisir  negeri itu berhasil menyisihkan 174 foto dari universitas lain dari seluruh Indonesia.
Inspirasi foto sendiri, kata Andry selain karena memang tema dari lomba tersebut adalah wajah indonesia, ia juga terinspirasi karena mengingat Indonesia adalah negara maritim, sehingga menurutnya akan lebih baik jika ia memotret sesuatu yang berhubungan dengan air atau pesisir, yang menurutnya sangat mewakili wajah dari Indonesia.
“Jadi saya berkesimpulan untuk memotret senyum dari anak pesisir yang menurut saya akan mempresentasikan inilah wajah Indonesia, seperti judul foto saya juga, yaitu senyum  pesisir negeri,” kata Andry.
Sedikit ia bercerita, tentang perjuangan yang harus dilaluinya untuk memperoleh hasil terbaik dari foto tersebut. Ia bercerita, untuk foto itu, ia sampai harus turun ke laut dengan air sekitar ukuran perut untuk mendapat angle yang terbaik.
Bahkan, ia sempat hampir terjatuh saat harus menarik gabus yang digunakan sebagai pelampungn oleh kedua gadis kecil yang menjadi objek pada foto tersebut.
“Untuk makna sebenarnya tidak ada pesan khusus untuk foto itu, Tapi perjuangan saat mengambil foto itu penuh tantangan, mengingat juga harus membawa kamera pada saat turun kelaut,” kata Andry.
Untuk diketahui, Jurnalirtik Fair ini merupakan lomba yang diadakan setiap tahunnya oelh UIN Jakarta, dimana program studi jurnalistik pada PTN itu sebagai penyelenggara. Lomba yang berlangsung pada 9-12 September lalu.
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *